Monday, January 16, 2012

Anakku


NASIHAT LUQMANUL HAKIM.
Satu-satunya manusia yg bukan nabi, bukan rasul, tetapi kisahnya diabadikan dlm Al-Quran adalah Luqmanul hakim. Mengapa? Karena hidupnya penuh dg hikmah.
Suatu hari, ia pernah menasehati anaknya tentang hidup :

"Anakku, jika makanan telah memenuhi perutmu, akan matilah pikiran & kebijaksanaanmu. Semua anggota badanmu akan malas utk melakukan ibadah & hilang pulalah ketulusan dan kebersihan hati. Padahal, hanya dg hati bersih manusia bisa menikmati lezatnya berdzikir."

"Anakku, ikutlah engkau pd orang2 yg sedang menggotong jenazah, jangan kau ikut orang2 yg hendak pergi ke pesta pernikahan. Karena jenazah akan mengingatkan engkau pd kehidupan yg akan datang. Sedangkan pesta pernikahan akan membangkitkan nafsu duniamu."

"Anakku, aku sudah pernah memikul batu-batu besar, aku jg sdh mengangkat besi-besi berat. Namun tdk pernah kurasakan sesuatu yg lebih berat drpd tangan yg buruk perangainya."

"Anakku, aku sdh merasakan semua benda yg pahit, tapi tdk pernah kurasakan yg lebih pahit drpd kemiskinan dan kehinaan."

"Anakku, aku sudah mengalami penderitaan dan bermacam kesusahan. Namun aku blm pernah merasakan penderitaan yg lebih susah drpd menanggung hutang."

"Anakku, sepanjang hidupku aku berpegang pada delapan wasiat para Nabi. Kalimat itu adalah :
1. Jika kau beribadah kpd Allahn jagalah pikiranmu baik-baik.
2. Jika kau berada di rumah orang lain, jagalah pandanganmu.
3. Jika kau berada di tengah2 majlis, jagalah lidahmu.
4. Jika kau hadir dlm jamuan makan, jagalah perangaimu.
5. Ingatlah Allah selalu.
6. Ingatlah maut yg akan menjemputmu.
7. Lupakan budi baik yg kau kerjakan kpd orang lain.
8. Lupakan semua kesalahan orang lain terhadapmu.

Sent from Samsung Mobile

No comments:

Post a Comment