Sunday, August 12, 2012

Plagiat dpr

Diduga Plagiat, Politikus PKB
Akan Dilaporkan ke BK DPR
Sabtu, 14 Januari 2012 - 03:01 wib
Misbahol Munir - Okezone
Foto: (dok okezone)
enlarge this image
JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan
Bangsa (PKB), Marwan Jafar akan diadukan ke
Badan Kehormatan DPR RI pekan depan oleh
Jusman Dalle, penulis pertama tentang
Pengelolaan Energi Libya pasca-Qadhafi. Jusman
melaporkan Marwan atas tuduhan plagiat
tulisan.
"Saya akan segera melaporkan ke BK. Paling
cepat minggu depan," ujar Jusman saat
dihubungi wartawan, Jumat (13/1/2012).
Jusman terkejut lantaran tulisan yang pernah
dimuat di salah satu media online bulan
Oktober 2011 lalu diterbitkan Koran Tempo hari
ini dengan penulis Marwan Jafar.
"Sudah dikonfirmasi dari Koran Tempo, bahwa
itu tulisan Marwan melalui twitter. Saya
mengetahui sendiri tadi pagi, saya baca koran
Tempo, saya pikir itu tulisan saya. Saya kaget
kok namanya Marwan Jafar. Setidaknya ada 15
paragraf yang merupakan tulisan saya. Pesan
yang ingin saya sampaikan, tidak seharusnya
politisi melakukan itu. Padahal, dia orang yang
sempat saya idolai. Saya sudah koordinasi
dengan Kammi Pusat," jelasnya.
Tulisan Jusman Dalle yang merupakan Humas
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia
(KAMMI) daerah Makassar 2009/2011 diplagiat
oleh Marwan.
Beberapa tulisan Jusman yang berjudul Analis
Society Research And Humanity Developmnet
(SERUM) Institute ini sudah dipublikasikan di
beberapa forum internet pada 28 Maret 2011.
Tulisan Jusman itu berjudul Perang Ideotik
Libya.
Kutipan yang diterbitkan Koran Tempo atas
nama Marwan sama persis dengan tulisan
Jusman, salah satunya adalah tulisan berikut
ini:
"Kita bisa menyaksikan buktinya. Di Irak,
setelah jatuhnya Saddam, dibuka tender bagi
ladang-ladang minyak. Tercatat 120 perusahaan
berpartisipasi dalam tender. Hasilnya sepertiga
dari total perusahaan tersebut, yaitu sekitar 35
perusahaan asing yang lolos. Bisa ditebak,
bahwa raksasa minyak global yang
menyumbang pajak bagi kas Barat, khususnya
AS dan sekutunya mendominasi," ucap Jusman.
(sus)
(ful)

adi wisaksono

--
tetap bersaudara selamanya

No comments:

Post a Comment