Thursday, April 12, 2012

Bagaimana Membuat Tulisan yang Menginspirasi: Dari Klinik Baca-Tulis MLC


From: hernowo hasim

 

Pak Hernowo, bagaimana caranya agar tulisan yang saya buat dapat menginspirasi para pembacanya?

 

 

Pertama, cobalah rumuskan secara tertulis terlebih dahulu apa yang disebut tulisan yang menginspirasi itu. Apabila Anda dapat menyebut ciri-cirinya, insya Allah Anda tentu akan dapat membuat tulisan yang Anda maksud itu. Akan lebih baik apabila Anda menemukan contoh sebuah tulisan yang telah berhasil menginspirasi Anda.

 

 

Kedua, ketika Anda ingin menciptakan tulisan yang menginspirasi, cobalah Anda menujukan tulisan itu kepada diri Anda sendiri. Anda akan kesulitan membuat tulisan itu apabila Anda langsung menujukannya kepada orang lain. Kita tidak dapat memprediksi siapa yang akan membaca tulisan kita. Setelah tulisan selesai Anda buat, cobalah dibaca secara bersuara dan dirasakan apakah Anda dapat terinspirasi dengan tulisan Anda sendiri?

 

Ketiga, upayakan untuk membuat beberapa tulisan, jangan cuma satu. Anda kini sudah memiliki tujuan yang jelas dalam menulis: membuat tulisan yang menginspirasi pembacanya. Jadikan ini impian Anda. Anda perlu bersyukur karena memiliki impian. Dan, tentu saja, impian hanya dapat Anda kejar jika Anda terus gigih dan tekun mengejarnya---dalam hal ini Anda terus membaca tulisan orang lain yang telah menginspirasi Anda dan Anda terus berlatih untuk membuat tulisan yang menginspirasi itu.

 

Sumber: http://www.mizan.com/v2/index.php?fuseaction=klinik&id=8

--

No comments:

Post a Comment