Saturday, April 28, 2012

Tiga Tipe Orang Dalam Berhubungan Dengan Orang Lain


Tiga Tipe Orang Dalam Berhubungan Dengan Orang Lain
Oleh Guguh Unggul Satriadi

1.  Tipe orang yang memberi energi,
Orang  semacam ini selalu menyegarkan kelelahan, memberikan stimulan dengan semangat dan gagasan-gagasan baru. Tidak mudah tersinggung dan selalu berusaha melakukan lebih daripada yang diharapkan. Tipikal orang seperti ini tidak mudah terpengaruh oleh orang lain dan lingkungan yang mungkin memprovokasinya dan bukan orang yang senang menjilat. Mereka adalah orang – orang yang kuat  berpendirian teguh, pola pikir yang matang, berani mengambil resiko dengan segala kemungkinan yang terukur dan mampu memilah dengan benar mana hal – hal yang negatif dan mana hal – hal yang positif. Orang ini memiliki kelembutan jiwa yang benuh belas kasih, kepedulian dan keikhlasan.
Mereka tidak berusaha menjatuhkan lawan mereka melalui perdebatan terbuka atau argumentasi yang kasar, menjelekan- jelekkan orang lain, mengadu domba dan bermuka dua. Orang ini boleh saja memiliki argumentasi yang berbeda dengan orang lain, namun selalu menghormati perbedaan sebagai sebuah kekayaan ide untuk menemukan hal-hal yang lebih baik dan positif.

2.  Tipe orang yang membantu mempertahankan energi,
Orang ini selalu memberikan sesuatu dengan apa adanya pada waktu dibutuhkan, orang ini selalu berkontribusi sesuai dengan apa yang mereka terima, orang seperti ini akan melakukan apa yang diminta dengan sepenuh hati. Mereka bukan saja menghendaki umpan balik tapi juga mau dipimpin dengan baik. Mereka paham betul akan tugasnya adalah melaksanakan peranannya dalam sebuah tim. Orang ini membantu dalam melaksanakan tugas dan peranan orang lain, orang ini adalah rekan kerja yang menyenangkan dan sahabat sejati, dia akan menemani baik suka maupun duka. Orang seperti ini akan selalu  sabar dan tekun dalam menjalani proses organisasi maupun proses kehidupannya.

3. Tipe orang yang menghabiskan energi,
Apabila melihat orang ini datang ataupun lewat dihadapan Anda tanpa sadar Anda akan berkata " Wah Si Biang Kerok Lewat! ". Mungkin Anda tidak tahu masalah apa yang akan ditimbulkan, tapi Anda sangat yakin bahwa akan terjadi sebuah masalah, mengapa? karena memang selalu demikian jika orang ini ada dalam tim kita. Mereka membuat lelah secara emosional, mereka selalu membawa masalah dan tidak pernah ada penyelesaian dan jalan keluar. Jika tidak ada masalah, mereka menciptakannya.
Orang seperti ini mudah dikenali, orang seperti ini akan menyerang Anda secara frontal, melindas orang lain, mematikan semangat kelompok dan membuat lingkungan menjadi tidak nyaman. Mereka tidak ingin melihat sebuah perubahan sedikitpun jika tidak menguntungkan untuk mereka. Orang seperti ini akan selalu menghambat dan mempersulit proses kerja.

Siapakah ANDA? Mari membangun tim dengan spirit yang baru dan segar.. Sampai jumpa dalam artikel yang berbeda..


--

No comments:

Post a Comment