Sunday, January 10, 2010

Ikan, Bulan, Kolam, Malam

Ada dua ekor ikan ikecil di dalam kolam. Kolam terlihat hitam karena saat itu malam. Malam itu bulan penuh bulat.

"Aku ingin makan bulan" kata salah satu ikan.
"Aku juga mau, kelihatannya enak" kata ikan satunya membalas.

Kedua ikan itu melompat-lompat di permukaan kolam. Kolam jadi bergelombang mengaburkan gambar pantulan bulan di permukaannya.


****


Ada anak kecil mengajak ibunya keluar ke halaman depan untuk melihat bulan.
Mereka bergandengan tangan menuju tengah halaman, kemudian mendongak melihat bulan.

Anak itu menunjuk-nunjuk dengan jari telunjuknya ke arah bulan sambil melompat-lompat.

"Itu . . . !! Itu . . . !!" kata anak kecil itu.
"Apa?" ibunya tidak mengerti.
"Mau . . . !! Mau . . . !!"
"Kamu mau bulan"
"Iya"
"Ayo iku ibu"


****


Dua ikan kecil masih melompat-lompat dengan semangat, berharap bisa memakan bulan. Mereka terus melompat dan melompat hingga kelelahan.

"Aku capek" kata ikan kecil sambil terengah-enggah.
"Aku juga" kata ikan satunya
"Kita coba besok malam saja, siapa tahu bulannya lebih rendah"
"Baiklah, aku setuju".

Mereka beristirahat.
Air kolam menjadi tenang.


****


Sang ibu mengajak anaknya ke tepi kolam sambil bergandengan tangan. Setelah di tepi kolam sang ibu menunjuk ke tengah kolam.

"Kamu mau bulan kan, nah itu ada di sana" kata sang ibu kepada anaknya.
"Boleh aku ambil ?" tanya anak itu.
"Boleh, coba lah" jawab sang ibu.

Anak itu berlutut di tepi kolam, mengulurkan tangannya ke arah bayangan bulan di permukaan kolam. Beberapb kali ia mencoba memegangnya tapi tak bisa-bisa.

"Aku tak bisa mengambilnya" kata anak itu sambil memandang ibunya.
"Tidak usah diambil, biarkan saja di sana, besok malam kita liat lagi, ia tidak akan kemana-mana" jawab sang ibu sambil tersenyum.

Mereka kembali ke rumah sambil bergandengan tangan.


****


Malam berikutnya dua ikan kecil dalam kolam merasa heran melihat bulan tidak lagi bulat, ada bagiannya yang hilang.

"Kau lihat itu, kenapa bisa seperti itu?"
"Aku juga tidak tahu"

Dua ikan kecil itu terdiam memandangi bulan.


****


Malam itu anak kecil dan ibunya kembali lagi ke tepi kolam karena akan melihat bulan. Saat sampai di tepi kolam anak itu berteriak ke arah ibunya 

"Ibu . . . !! Ibu . . . !!, dua ikan kecil itu telah memakan bulan" sambil menunjuk dua ika kecil dan gambar bulan di permukaan kolam yg tak lagi bulat.


No comments:

Post a Comment