Sunday, March 18, 2012

Kapan Buku Akan Dikubur?: Majalah-Elektronik "Ekuator" Edisi 15 Desember 2009



From: hernowo hasim

15 Desember 2009
Ekuator E-magazine
Pemred: Hernowo 
Artikel Utama
Media Baru: Berkah atau Bencana bagi Dunia Penerbitan?

 

Di layar yang menampung sorotan sebuah proyektor, terpampang sebuah data yang sangat menarik. Mula-mula muncul gambar berupa sampul depan buku terbaru karya Dan Brown–pengarang mega-bestseller, The Da Vinci Code. Gambar sampul depan buku The Lost Symbol–karya terbaru Dan Brown, yang dirilis pada September lalu–itu tidak hanya satu, tetapi dua. Di sebelah gambar yang satu tersaji data buku The Lost Symbol yang terjual versi Kindle, dan di sebelah gambar yang lain tersaji data buku yang terjual versi cetakannya. Mana yang paling banyak terjual? Versi Kindle!

Selanjutnya
Kapan Buku Akan Dikubur?

Seperti radio, buku tentu tidak akan musnah. Meskipun peran penting radio pada saat ini telah digeser oleh televisi, toh radio tetap eksis. Radio hanya berubah fungsinya. Radio tidak akan pernah mati. Demikian juga buku. Meskipun rongrongan media baru–berupa munculnya alat-alat canggih untuk membaca buku elektronik–yang semakin lama semakin menyudutkan buku, buku tentulah tidak akan musnah. Hanya, layakkah kita menyamakan buku dengan radio?

Selanjutnya

Saat Ini Cerita, dengan Sangat Mudah, Berpindah dari Satu Medium ke Medium Lain: Obrolan Elizabeth Woyke dengan Editor Andal, Jonathan Karp

Elizabeth Woyke dari Business Week baru-baru ini ngobrol bareng Jonathan Karp–seorang editor andal–di kantor Warner Twelve tentang model bisnis penerbitannya, Klub Buku Oprah, Harry Potter, dan Donald (Trump).

Selanjutnya
Berlari Bersama Para Pemimpi: Ulasan Majalah Tempo atas Film Sang Pemimpi

Berlari. Tema film ini adalah "berlari", seperti juga tokoh Ikal yang kini sudah remaja, yang ingin menghambur ke masa depan. Ingin menaklukkan dunia dan melesat menuju Universitas Sorbonne, Prancis.

Selanjutnya

Artikel Kolom

PLONG Oleh HERNOWO

Rowling, Covey, dan Iqbal: Buku-Buku Karya Mereka Bagaikan "Matahari" di Pikiran dan Perasaan Saya

 

Di buku Terapi Hati di Tanah Suci: Ya Allah, Jadikan Aku Cahaya, saya mendefinisikan buku sebagai "cahaya". Buku senantiasa menyinari pikiran, perasaan, dan hati saya. Setiap kali saya membaca buku, saya tentu berusaha sekuat daya untuk menemukan deretan teks yang dapat tiba-tiba berubah menjadi "cahaya". Apabila saya mendapatkan "cahaya" itu, saya pun langsung mengikatnya agar ia dapat berada sangat lama di kedalaman diri saya.

Selanjutnya

KLINIK BACA TULIS Oleh HERNOWO

Bagaimana Membuat Buku dengan Mudah?

 

Pak Hernowo, saya sudah memiliki tulisan-tulisan lepas yang pernah saya muat di blog, Facebook, atau kadang saya kirim ke milis-milis yang saya ikuti. Saya membaca di buku bapak, Mengikat Makna Update, bahwa membuat buku dengan cara yang paling mudah adalah dengan mencicil tulisan-tulisan lepas terlebih dahulu. Setelah itu, baru kemudian dikumpulkan menjadi satu buku. Mohon saya dibantu untuk membuat buku yang berasal dari tulisan-tulisan lepas saya Pak. Terima kasih sebelumnya.

Selanjutnya
Info Terkini
500 Lebih Guru Padati "Ceramah Umum Quantum Learning for Indonesian Teachers"

 

Luar biasa! Itu dua kata yang layak melukiskan meriahnya acara yang diselenggarakan oleh Mizan Pustaka di Aula Diknas, Jakarta, pada Selasa pagi, 8 Desember 2009, lalu. Acara yang menghadirkan penggagas buku-ajaib yang telah menginspirasi banyak aktivis pendidikan dan para guru di Indonesia, Quantum Learning, itu dihadiri oleh 500-an lebih guru dan aktivis pendidikan. Bobbi DePorter, sang penggagas Quantum Learning, ditemani oleh Munif Chatib, penulis buku best-seller, Sekolahnya Manusia, dalam menyampaikan-kembali gagasan-gagasan cemerlangnya.

Selanjutnya
"Editorial Training" Kelompok Mizan

 

Pada hari Selasa dan Rabu, 8 dan 9 Desember 2009, para editor penerbit buku yang tergabung dalam Kelompok Mizan menghadiri pelatihan editor di Jakarta. Menurut Novel Faray, yang menggagas pelatihan editor ini, pelatihan diadakan di akhir tahun untuk lebih mempersiapkan para editor penerbit di Kelompok Mizan dalam memasuki persaingan yang, tentu, akan bertambah ketat di tahun depan.

Selanjutnya
Jadwal "Roadshow" KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya) Desember 2009

Buku-buku yang ditulis oleh anak-anak berusia 12 tahunan yang kemudian diserikan dengan nama "kecil-Kecil Punya Karya" (KKPK) ini masih terus mencetak prestasi. Serial KKPK ini semakin banyak diminati oleh anak-anak. Bahkan para pembaca serial buku KKPK ini kemudian terinspirasi untuk juga menulis cerita sebagaimana yang telah dilakukan oleh rekan-rekannya.

Selanjutnya
Buku Terbaru
- Freefall: Menantang Maut di Pusat Bumi
- Yin Galema
- Mengikat Makna Update: Membaca dan Menulis yang Memberdayakan
- Perahu Kertas
- Rp2 Juta Keliling Thailand, Malaysia, & Singapura
Buku Terlaris
- Sang Pemimpi
- MUTIARA
- Akhirnya Tertawa Juga
- THE GIRL WITH THE DRAGON TATTOO
- Facebook On Love
- Perahu Kertas

No comments:

Post a Comment