Monday, February 20, 2012

File - Report IFC - 41


Mancing 2 Keluarga di Binuangeun

Dear All,

Anglers: 8 orang [2 Keluraga]
Kapal   : KM Surya 2
Kapten : Muksin & "Lurah" Binuangeun [Pak Kardono]
Trolingan: 27 YFT [8-15kg], 3 Tongkol [8-9kg], 1 Tenggiri [9kg], 2 Cakalang [2-5kg].
Jigging : 3 Dogtooth tuna/Tongri [5-10kg], 2 Tenggiri [8-9kg], 6 GT [5-9kg]
Kotrek : 20-an Kuwe lilin/GT [4-10kg]
Dasaran: 6 Ikan campur2: Krapu Lodi, Kapas2, dll [0,30-1kg]

Senin pkl 08:00 start dr Berkah Resort langsung menuju spot yg diyakini YFT lagi bermain, Troling dengan hasil 2 YFT + 1 Tenggiri, mulai pkl 12:00 cuaca berubah hujan + angin dan ombak yg cukup besar, berlindung di balik Tinjil sampai pkl 17:00, pak "Lurah" menyarankan kembali ke Berkah [kondisi tidak memungkinkan untuk terus ke spot mancing malam].

Selasa pagi pkl 05:00 lsg tancap gas ke spot YFT dan berhasil menaikkan 25 ekor + ikan lainnya, seharusnya sore itu kami harus pulang kembali ke Jkt namun karena kami belum sempat mancing malam dan sepakat untuk menambah 1 mlm lagi, pkl 17 kami sampai kembali ke Berkah utk menitip hasil tangkapan hari itu dan sekaigus menambah perbekalan.

Pkl 18:00 start kembali lsg menuju spot mancing malam, sampai disana sktr pkl 22:30 [4.5 jam perjalanan], namun bulan masih belum tenggelam sambil menungu kami mancing dasaran, baru sekitar pukul 01:00 dini hari kami mulai jigging dan dalam waktu yg tdk terlalul lama terjadi strike yg cukup dahsyat [diyakini Dogtooth] namun sayang tidak berhasil dinaikkan [joran jigging Shimano Ocea VJ-5614/PE4 yg tidak sebanding dengan ikan disana], tukar joran dengan yg PEnya lbh besar baru terjadi double strike saya dgn rekan dan dua Dogtooth ukuran 9-10kg berhasil dinaikkan, isteri sy yg baru bangun tidur lsg ikutan jigging dan terjadi double strike Tenggiri 8-9 kg berhasil dinaikkan, kemudian diikuti dgn ikan2 lainnya, ternyata jigging itu membutuhkan fisik dan stamina yg luar biasa prima, kami kelelahan dan berganti dengan kotrekan yang ternyata tidak kalah serunya dengan jigging, sering terjadi 2-3 ekor kuwe GT berhasil dinaikkan sekaligus, pkl 03:00 kami sepakat kembali ke Berkah, kami sudah merasa cukup untuk mancing dan kembali ke Berkah skitar pukul 08:00 [perjalanan pulang sekalian trolingan danumn tdiak ada hasil].

Mancing dasaran di sana memang ruaaarr biasa dalam waktu +/- 2jam hasilnya mantaaaffff, emang Binu sorganya mancing tapi itu kembali juga kepada keberuntungan karena kami sekeluarga merasa beruntung di ajak oleh keluarga teman untuk bisa merasakan mancing di Binu, "Thank you my Friend"

Salam,
Kurniadi

==============================

Report Binu 25-26 Maret Ternyata di Binu bisa boncos loh..

Dear IFCers

Pemancing Gokil : Ane, Hernowo, Tio, Amri, Yosie
Boat : Biasa KM Wahyu II
Spot : Selatan Deli
Cuaca : Angin Barat, Angin  Daya  kuenceng,  Alun Ombak Tinggi, Air Biru Bening
Hasil : 1/2  Box 60 Lt Ikan karang 5-6 Jarian

Minggu pagi cuaca di binu gelap dan disertai angin kencang, jam 9 baru berangkat dari dermaga P Ujang, langsung ke Spot Selatan Tinjil, Trolingan 1 jam Alun ombak gak turun2 juga 2-3 meteran...katanya siy gak cocok buat trolingan..Nun jauh diselatan tinjil juga liat 2 perahu pesiar tapi gak tau KM apa soalnya mata ane rabun ayam..Gak ada sambutan trolingan tancap langsung ke Deli sempet trolingan  bentar di karang cetek.. Alun juga masih tinggi yah udah ane tidur aja..kira2 jam 1 siang, dateng tuh deh angin kenceng dari barat yg ada  berlindung dulu di selatan deli, sambil makan siang dan minum kopi...main dasaran dapet ikan karang 3-4 jarian..jam 2 start lagi ngejar rencana mo tembus benowo...baru aja mo lewat ujung Deli..lagi2 tuh angin  sama hujan lewat  lagi, yg ada  mundur lagi  diselatan deli..tunggu2 hujan sama  angin  gak ilang2 juga, udah diputusin dasaran aja diselatan deli, semalaman gak ada hasil yg mantap, standar ikan karang aja, Yosie sempet naikin kurisi bali 3 Kg, Amri sotong 3 Kg, Jam 12 malam kapten mo coba kekarang tengah, baru jalan bentar, lagi2 hujan, angin dan ombak tinggi dateng lagi..Yah udah semalaman main kora2 doang...

Senin pagi start trolingan di depan deli gak ada sambutan juga alun masih tinggi,  intip langit cuaca di benowo gelap disertain hujan, akhirnya diputusin mundur dikarang cetek, sampe karang cetek trolingan bentar dan dasaran gak makanin juga..Jam 12 diputusin balik ke dermaga, sampe
dermaga nanya hasil perahu pesiar yg turun sabtu-minggu, KM Robby, KM Putra Sulung gak beda jauh, cuman KM Surya 1 yg berhasil naikin Tongri...Sekian report kora-kora

Kesimpulan :kalo mancing jangan bolos dari kantor hasilnya boncos mulu hehehehe..

NB; Bos Dev Kemaren liat KM PMS lagi  betulin mesin...biar mantap nanti buat  turnamen....

Ukee…

==================================

Report : Sarasehan Turnamen IFT

tgl : 24 Maret 2007 jam: 12.30
Lokasi : Saung Kemala Sari, Tangerang
peserta : ± 20 orang

Mendapat tugas mulia dari bp. Devisal ( Komisaris IFC) sebagai wakil dari IFC, jam 10-an udah tiba dilokasi. Sesampainya di laut, ku kabarkan semuanya..., loh kok jadi lagu Ebiet G Ade, he...he...he..., suasana kok adem ayem aja, sempat bingung juga jangan-jangan salah info dari boss Dev lagi, maklum... pan beliau ini sedang kasmaran ama Jablay. Tanya tkg parkir apa benar emang ada seminar, eh.. dianya malah balik nanya ogud lage..., bodo amat dah.

dengan cuek, ogud jalan ngelilingi kulem utama kemala sari, sembari nyari spot (rencana mo kasting hari minggu neh), disamperin ama Budi (pengurus Kemala Sari) and ditanya mau mancing ato dari acara IFT. setelah dijawab lgsg diajak ke pak Ben, ternyata udah ada anggota dari FF/IFC juga disono, si Yantosu. kemudian dapat penjelasan dan teknik dari pak Ben setelah berdiskusi bertiga, banyak ilmu yg kami berdua dapatin dari beliau, sungguh benar2 kesempatan yg sangat berharga. teknik efek drop back ( liat di foto), balanced tackle dan banyak lagi teknik lainnya, dari mulai dasaran ampe dengan trolling.

Jam 12 siang para peserta mulai berdatangan, dari bpk Djoko Martadhy (ketua panitia turnamen IFT), bapak Ketua IFT Djoko Kencana, team Tabiler, Mamung Jaya, dan perwakilan dari tabloid MM dan Trans7, termasuk juga salah satu pakar jigging Indonesia yaitu bpk. Relawan. Setelah isi daftar hadir yg ogud isi dengan nama IFC dan bayar biaya sarasehan, semua peserta mulai makan siang dengan menu utama ikan GT bakar, yg bikin hati senang adalah mulai eksisnya IFC didunia mancing ini, terbukti dari kaos IFC yg gout pake ditanya ama Ketu turnamen dan ketua harian pelaksanaan turnamen IFT, bpk. Ronny.

Setelah makan siang, acara mulai digelar, membahas masalah tertundanya turnamen dan teknik2-nya, juga teknik memancing yg dibawakan oleh dr. Benyamin selaku tuan rumah dengan gaya yg kocak, bergantian dengan para pakar2. ada tambahan dari Ketu IFT bahwa diawal april ini akan diresmikan CAFE IFT dengan tujuan sebagai wadah perkumpulan, klub2 pemancing dari seluruh Indonesia, bekerja sama dengan Sumber Mulia group, dan FORMASI. Diimbau kepada para mancing mania untuk berpartisipasi semua dengan cara menyumbangkan
foto2, video, dan lain2nya untuk melengkapi kafe.

Dan diakhir acara jam 4an, telah disepakati semua, bahwa acara serupa akan digelar setiap 3 bln, dengan topik dan materi yg ditetapkan, terbuka untuk umum dan akan dihubungi oleh pihak IFT.

Ada rencana setelah turnamen IFT, bpk. Ronny akan mengadakan trip mancing dengan bapak Benyamin di binu, yg tujuan utama trip tersebut adalah pengarahan teknik mancing dari dasar ampe trolling dari sang pakar. rencana seh kapal yg muat 20 org sekali mancing, dengan biaya terjangkau. Ogud sih udah daftar duluan ama si Ukeem, dan ini masih rencana seh.

demikian laporan sarasehan, ogud yg bertugas melaporkan dari kemala sari, sekian dan terima kaseeeeeeh......!!!

nb. foto nyusul

Toli

=========================

Trip Mbaronang Bojonegara-Suralaya

Garonger : MJO, Shekyl, Ichang, Hamzy & Tom
Waktu : Sabtu, 24 Maret 2007
Lokasi : Bojonegara & PLTU Suralaya
Hasil : 1 Tompel 8 jari, 6 tompel 4-5 jari, 1 belanak 2 kg

Batal rencana mbaronang ke P. Ayer karena oom Yanto sang EO tiba2 ada keperluan mendadak harus ikut trip mancing ke tengah dengan rekan2 yang lain, akhirnya rencana trip di undur sampai sekitar awal April. Ogut & bos Jovan yang rencananya pengen ikut ke Ayer otomatis juga batal. Akhirnya kita "putar haluan" ikut rencana trip kang Hamzy ke Suralaya, biasa….ikut belajar sama master2 nyari tompel babon.

Jum'at siang bos Jovan telpon, ternyata nyokapnya sakit mendadak & harus dirawat. Otomatis doi batal berangkat ke Suralaya. Kelimpungan ogut karena nggak ada persiapan sama sekali (ngandelin tumpangan mobil bos Jovan – he..he..he…..). Kontak ke kang MJO, akhirnye ogut dapet pinjemen mobil sodara, hwah…..lega. Biarin dah mobil tua tuk-tuk, yang penting bisa nggelinding sampe tujuan, he..he..he……

Jum'at pulang kantor, ogut m

No comments:

Post a Comment